2 Langkah Efektif untuk Mencegah Timbulnya Penyakit

Untuk memperoleh tubuh yang sehat, tidak harus dengan pola hidup yang serba mahal. Karena semua itu dapat dilakukan dengan sebuah hal yang sederhana dan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Semua dapat diperoleh dengan mudah dan murah. Hidup sehat harus diawali dengan perubahan yang kecil terlebih dahulu, kemudian bertahap ke kekonsistenan. Beberapa hal yang dapat dilakukan misalnya dengan dua langkah berikut.

Langkah pertama adalah olahraga. Olahraga adalah hal termudah untuk dilakukan agar tubuh tetap sehat. Jenis olahraga yang dilakukan untuk membantu metabolisme di dalam tubuh. Olahraga yang teratur dan terukur akan membuat kondisi jasmani kita selalu terjaga. Di samping itu, dengan berolahraga juga membantu mengatasi ketegangan mental kita. Selain itu, dengan berolahraga yang teratur juga akan memperlancar sirkulasi darah, memperkuat otot, dan meningkatkan kadar oksigen tubuh. Olahraga yang mudah dan murah dapat kita lakukan, antara lain dengan berjalan cepat, jogging, atau bersepeda. Manfaat dari olahraga adalah sebagai berikut.
  1. Mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.
  2. Meningkatkan kemampuan untuk bergerak.
  3. Tetap menjaga fleksibilitas tubuh seiring dengan pertambahan usia.
  4. Menjaga kepadatan tulang.
  5. Mencegah osteoporosis.
  6. Meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi.
  7. Meningkatkan kemampuan otak pada usia lanjut.

Langkah kedua adaah melakukan gerakan ringan, yaitu mengurangi ketidakaktifan, tanpa harus melakukan olahraga berat. Jika belum siap untuk melakukan program yang terjadwal, lakukan gerakan ringan terlebih dahulu. Kegiatan melakukan gerakan ringan sebagai berikut.
  1. Matikan televisi, bermainlah bersama teman, keluarga dan beraktivitas apa saja daripada duduk diam sambil menonton TV.
  2. Cobalah untuk menyempatkan diri untuk berjalan kaki, tidak peduli berapa lama dan berapa jauh.
  3. Melakukan kegiatan di rumah, seperti membersihkan lantai rumah, merapikan, dan menyapu halaman rumah.

Gerak badan atau berolahraga penting bagi kesehatan kita, karena 1) Gerakan badan membantu untuk menormalkan tekanan darah. 2) Gerakan badan membiarkan lebih banyak mencapai setiap jaringan tubuh untuk mempertahankan kehangatan. 3) Gerakan badan memberikan energi listrik ke otak dan sel-sel saraf, hal ini memberikan kesehatan dengan merangsang sistem kekebalan tubuh. 4) Gerakan badan menjaga badan agar tampak segar dan bugar.

Nah itulah sedikit informasi mengenai beberapa aktivitas fisik yang bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Langkah Efektif untuk Mencegah Timbulnya Penyakit"

Post a Comment