Faktor Penyebab Kemunduran Islam di Masa Modern

Apabila dibandingakan dengan perkembangan Islam di masa pertengahan, maka peradaban Islam di masa modern mengalami penurunan. Pada masa itu banyak bermunculan tokoh-tokoh Islam yang menjadi penemu-pemenu dasar-dasar ilmu pengetahuan modern saat ini. Di masa itu pula wilayah Islam sangat luas mencapai wilayah Asia, Eropa, Amerika, dan Afrika. Islam sangat mendominasi bidang ilmu pengetahuan dan wilayah kekuasaan karena Islam melakukan ekspansi wilayah dengan jalan yang damai dengan menyebarkan ilmu pengetahuan. Bahkan, orang-orang Eropa banyak yang menuntut ilmu di sekolah-sekolah Islam. Orang-orang barat pada masa itu masih sangat terbelakang bila dibandingkan dengan umat muslim.

Namun keadaan saat ini merupakan kebalikannya. Bangsa Baratlah yang kini menguasai ilmu pengetahuan  dan teknologi di era modern saat ini. Hal inilah yang menyebabkan secara garis besar Islam di masa modern mengalami penurunan. Melihat kenyataan ini, sebagai generasi Islam kita harus kembali membuat kemajuan dan kejayaan Islam. Berbagai perbaikan harus segera dilakukan di berbagai bidang. Semua perjuangan itu memerlukan kerja keras dari semua pihak. Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan kemuduran Islam di masa modern.

1. Perpecahan Umat Islam

Adanya perpecahan yang terjadi dikalangan umat Islam sendiri merupakan faktor yang menyebabkan kemunduran Islam. Berbagai keragaman umat dengan pemikiran yang berbeda-beda makin memperuncing terjadinya perpecahan. Keragaman itu antara lain sebagai berikut.

a. Keberagaman Garis Keturunan (Bani)
Adanya keragaman Islam ini mengakibatkan konflik-konflik antarkelompok dalam perebutan kekuasaan. Puncak konflik ini akhirnya dapat menimbulkan terjadinya perang saudara sebagai gerakan anarkis massal.

b. Keberagaman Tafsiran (Interpretasi)
Dalam penafsiran Alquran dan hadis terdapat perbedaan antara kelompok umat muslim. Oleh karena itu, muncul berbagai mazhab yang menggangap tafsiran merekalah yang paling benar. Dampak dari perbedaan ini adalah munculnya ritual-ritual keagamaan yang berbeda, perbedaan pelaksanaan ibadah dan hukum yang berbeda-beda. Perbedaan inilah yang memicu konflik horizontal antarsesama umat Islam.

Kedua alasan di atas jika ytidak disikapi dengan kedewasaan akan menghancurkan ukhuwah islamiah. Dengan berbagai konflik yang ada, alih-alih memikirkan kemajuan dan kejayaan Islam, umat Islam hanya sibuk menyelesaikan konflik internal tersebut. Hal inilah salah satu faktor yang membuat kemundurkan Islam di masa modern.

2. Ilmu Pengetahuan yang Menyimpang

Islam adalah agama yang sangat menghargai ilmu pengetahuan sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah saw. dan sesuai dengan Alquran. Keruntuhan kekhalifahan Islam membuat pemikiran-pemikiran Islam tidak berkembang, bahkan mengalami stagnasi. Salah satu penyebab stagnasi tersebut adalah hancurnya pusat peradaban di Bagdad. Selain itu, adanya kekacauan dalam regenerasi perjuangan intelektual juga menyebabkan penyimpangan-penyimpangan ajaran Islam.

3. Kurangnya Kesadaran Umat Islam akan Pentingnya Ilmu Pengetahuan.

Di masa modern sekarang ini, banyak umat Islam yang bersikap masa bodoh tentang perkembangan ilmu pengetahuan . Sikap ini kemudian menyebabkan etos belajar yang menurun dari masa ke masa. Kemunduran inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh bangsa Barat untuk melewati pencapaian  peradaban Islam.

kemajuan yang telah dicapai umat oleh umat Islam di masa lalu dianggap akan selalu dimiliki oleh umat Islam sampai kapan pun. Meraka tidak  melestarikan dan menerapkanya dalam  kehidupan sehari-hari sehingga dapat menurunkan kemajuan Islam.

4. Lunturnya Nilai-Nilai Islami dalam Diri Umat Islam

Nilai-nilai Islam di masa modern saat ini banyak yang telah menyimpang dari ajaran Islam yang murni. Penyimpangan itu terlihat dari berbagai ajaran yang bersifat bidah, takhayul, dan khurafat yang berkembang pesat di kalngan umat Islam.

5. Kerusakan Budi Pekerti

Kelakuan umat Islam di masa modern banyak yang menyimpang dari ajaran Alquran dan hadis dan meninggalkan akhlakul karimah yang seyogianya dimiliki oleh setiap muslim. Menurut Syauki Biek, apabila suatu peradaban telah kehilangan budi pekertinya, maka peradaban tersebut akan musnah. Jadi, budi pekerti yang lurhur harus dipertahankan oleh umat Islam dan tidak boleh lenyap.

Menurut Ibnu Khaldun, hancurnya suatu peradaban diakibatkan oleh hal-hal berikut.
a. Penindasan penguasa dan ketidakadilan.
b. Despotisme atau kezaliman.
c. Orientasi kemewahan masyarakat.
d. Egoisme.
e. Opporyunisme.
f. Penarikan pajak secara berlebihan.
g. Keikutsertaan penguasa dalam kegiatan ekonomi rakyat.
h. Rendahnya komitmen masyarakat terhadap agama.
i. Penggunaan pena dan pedang secara tidak tepat.

Poin-poin tersebut mengarah kepada masalah-masalah moralitas masyarakat khususnya penguasa. Ibnu Khaldun berpegang pada asumsi bahwa karena kondisi moral tersebut, maka kekuatan politik, ekonomi, dan sistem kehidupan hancur, dan pada gilirannya membawa dampak terhadap terhentinya pendidikan dan kajian-kajian keislaman, khususnya sains. Menurutnya, ketika Maghrib dan Spanyol jatuh, pengajaran sains di kawasan Barat kekhalifahan Islam tidak berjalan.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor Penyebab Kemunduran Islam di Masa Modern"

Post a Comment