Cara Memegang Lembing (Finlandia, Amerika, Tang)

Lempar lembing adalah salah satu nomor yang terdapt dalam cabang olahraga atletik yang menggunakan alat bulat panjang yang berbentuk tombak dengan cara melempar sejauh-jauhnya. Prestasi yang diukur adalah hasil lemparan lembing sejauh mungkin. Dalam melempar lembing ada beberapa teknik yang harus digunakan yakni cara memegang lembing, lempar lembing dan terakhir pelepasan lembing. Dari ketiga teknik tersebut juga masih akan dibagi menjadi beberapa cara, contohnya adalah cara memegang lembing.

Cara memegang lembing yang baik dan efektif merpakan salah satu kunci penentu hasil lemparan. Kalau dilihat pada struktur lembing, maka akan terlihat lilitan-lilitan tali pada lembing sebagai tempat pegangan yang dianjurkan karena pada sekitar itu terdapt titik berat lembing yang diprediksi paling efektif untuk memegang lembing. Cara memegang lembing dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

1. Cara Finlandia

Pertama lembing diletakkan pada telapak tangan dengan jung atau mata lembing serong hampir menuju arah badan. Jari tengah memegang tepian atau pangkal ujung dari tali bagian belakang (dilingkarkan), dibantu dengan ibu jari diletakkan pada tepi belakang dari pegangan dan pada badan lembing. Jari telunjun harus lemas ke belakang membantu menahan badan lembing. Adapun jari-jari yang lainnya turut memegang lilitan pegangan di atasnya dalam keadaan lemas. Dengan cara Finlandia ini, jari tengah dan ibu jari  yang memegang peranan penting untuk mendorong tali pegangan pada saat melempar.


2 Cara Amerika

Pertama lembing diletakkan pada telapak tangan dengan ujung atau mata lembing serong hampir menuju ke arah badan. Jari telunjuk memegang tepian dan pangkal dari ujung tali bagian belakang lembing dibantu dengan ibu jari diletakkan pada tepi belakang dari pegangan dan pada badan lembingg serta dalam keadaan lurus. Adapun tiga jari lainnya berimpit dan renggang dengan jari telunjuk turut membantu dan menutupi lilitan tali lembing. Jadi, dengan pegangan cara Amerika ini jari telunjuk dan ibu jari memegang peranan mendorong tali pegangan lembing pada saat melempar.


3. Cara Menjepit (Tang)

Caranya hanya menjepitkan lembing di antara dua jari tengah dan jari telunjuk, sedangkan jari-jari lainnya memegang biasa.


Kesalahan yang sering terjadi ketika memegang lembing adalah tidak memegang dengan cara yang baik dan nyaman, pegangan kurang kuat, dan tidak diikuti gerak lanjut. Bayangkan dan lakukan ketrampilan yang sesuai dengan tujuan gerak dari lempar lembing tersebut. usahakan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memegang Lembing (Finlandia, Amerika, Tang)"

Post a Comment