Beberapa Nilai Positif dari Masa Kejayaan Islam

Penghayatan terhadap masa kejayaan Islam,- Setelah mempelajari tentang masa kejayaan Islam, kita dapat mengambil nilai-nilai positifnya, kemudian kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa nilai positif dari masa kejayaan Islam adalah sebagai berikut.

1. Tekadyang kuat dalam mempertahankan agama Islam dari ancaman musuh. Islam pernah diserang dan hampir lenyap, tetapi dengan tekad yang kuat umat Islam tetap mempertahankan diri hingga  akhirnya mampu memperluas wilayahnya, mengembangkan peradaban, dan kebudayaan di Eropa. Hal tersebut menandakan bahwa semangat kaum muslim dalam meraih cita-cita sangat tinggi sehingga melahirkan persatuan, kesatuan, dan ketekunan yang sangat dibutuhkan dalam mewujudkan hal tersebut.

2. Menitikberatkan pada keilmuan dan penyebaran Islam. Artinya, dalam periode keemasan Islam ini, umat Islam tidak semata-mata memikirkan perluasan wilayah dan mendapatkan harta semata, tetapi lebih mementingkan pengembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Berdasarkan sejarah, kerajaan-kerajaan yang hanya mementingkan harta dan kekuasaan akan segera hancur dan runtuh, seperti bani Ummayah I dan II.

3. Karena keramahan dan kebaikan agama Islam, banyak penduduk dari berbagai negara justru ingin negaranya dipimpin dan dikuasai oleh Islam. Hal ini disebabkan oleh pemimpin mereka yang zalim sehingga mereka ingin adanya perubahan dalam pemerintahan di negaranya. Dengan demikian, kerajaan Islam semakin berkembang karena permintaan dari penduduk di wilayah lain, bukan atas kehendak Islam sendiri. Dalam hal ini Islam dan umatnya bertindak sebagai pembebas penduduk dari kezaliman dan ketidakadilan. Ketika Islam menguasai suatu wilayah, penduduknya diberikan kebebasan untuk menjalankan agama masing-masing dan dakwah Islam tetap berjalan.

4. Kontribusi dan sumbangsih ilmuwan-ilmuwan muslim atas majunya peradaban dunia, termasuk di Barat. Para ilmuwan muslim senantiasa mengajarkan sesuatu yang diketahuinya sebagai suatu yang bermanfaat sehingga semua orang bisa menikmatinya.

Adapun sikap yang mencerminkan penghayatan terhadap masa kejayaan Islam adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan persatuan dan kesatuan serta menyeimbangkan kepentingan akhirat dan dunia. Hal ini harus dilakuakn karena sejarah mencatat umat Islam kurang mempunyai persatuan dan kesatuan sehingga melemahkan peran umat Islam dalam kancah dunia. Selain itu, antara kebutuhan akhirat dan dunia harus diseimbangkan agar didapatkan kehidupan yang sejahtera dunia dan akhirat.

2. Memotivasi diri untuk menjadi lebih maju dari sebelumnya. Kita bisa melihat negara-negara Barat, yang dahulunya tertinggal jauh dari Islam sekarang justru menguasai peradaban dunia. Ini adalah sebuah motivasi  bagi umat Islam agar selalu berusaha memajukan Islam dan ilmu pengetahuan untuk dapat bersaing dengan yang lain. Barat mampu mengejar ketertinggalan ilmu pengetahuan dan teknologi dari umat Islam dengan bekal semangat dan keinginan yang kuat dan maju.

3. Belajar dengan rajin dan tekun agar dapat memajukan peradaban Islam. Keberadaan cendekiawan pada masa perkembangan Islam abad pertangahan, seperti Ibnu Sina, Al-Farabi, dan Ibnu Rusyd harus menjadi inspirasi dan inovasi bagi umat Islam untuk terus mempelajari berbagai disiplin ilmu demi melanjutkan cita-cita perjuangan tokoh-tokoh muslim pada abad pertengahan tersebut sehingga Islam mampu membaw rahmat bagi seluruh dunia.

Baca: 9 Tokoh Ilmuan Muslim Pada Masa Kejayaan Islam

Itulah sedikit dari hal positif yang bisa diambil dari masa kejayaan Islam pada abad pertengahan, demikian artikel tentang sejarah agama Islam dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Nilai Positif dari Masa Kejayaan Islam"

Post a Comment