Tujuan Negara Republik Indonesia Dalam UUD 1945

Tujuan Negara Republik Indonesia,- Setiap negara yang sudah berdiri dan merdeka pasti mempunyai tujuan-tujuan yang sudah dirancang sebelumnya. Begitu juga dengan negara Indonesia mempunyai beberapa tujuan yang tercantum dalam UUD 1945. Tujuan negara Indonesia terdapat dalam UUD 1945 alenia 4. Alinea ke-empat berbunyi: "Kemudian daripada itu untuk membentuk pemerintahan Nehara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah daerah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial, maka di susunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagia seluruh rakyat Indonesia".


Potongan yang merupakan bagian alenia 4 yang menunjukkan tujuan negara dapat dijabarkan oleh Hanageoedu sebagai berikut.

1. Melindungi Segenap Bangsa Indonesia dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia
Tujuan negara Indonesia didirikan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia. Perlindungan mencakup keselurhan, baik warga yang berada di dalam negeri atau pun yang berada di luar negeri.

Meyoritas perlindungan bangsa Indonesia yang ada di luar negeri, bangsa Indonesia kurang memerhatikan kehidupan mereka yang berada di luar negeri, yang sebagain besar dari mereka menjadi TKI. Kekerasan fisik dan pelecehan pada TKI tidak dipedulikan bangsa Indonesia. Para majikan memperlakukan TKI mereka. Sebagin besar tindakan para majikan terhadap TKI tidak manusiawi yang melanggar dar Hak Asasi Manusi (HAM).

Warga masyarakat di dalam negeri juga tidak kalah pentingnya untuk di lindungi. Masyarakat Indonesia yang menggangu keamanan masyarakat masyarakat lain perlu adanya penindakan, agar tidak menggangu masyarakat lain. Contoh, tidak kriminal seperti, pencurian, pencopetan, penodongan, pembunuhan dan aneka tindak kriminal lainnya yang sering meresahkan masyarakat. Orang yang melakukan tindakan kriminal segera dikenakan hukum berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia. Kasus akhir-akhir ini yang sedang heboh, tentang teroris. Keberadaan teroris yang sulit diketahui keberadaanya, membuat masyarakat selalu khawatir, sehingga keamanan masyarakat terganggu. Kasus-kasus seperti itu yang meresahka masyarakat, menjadi tugas negara untuk melindungi masyarakat.

2. Memajukan Kesejahteraan Umum
Kesejahteraan secara umum. Itu artinya kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia secara umum, tidak hanya untuk orang-orang yang duduk menjabati sebagai wakil rakyat saja, namun kesejahteraan sampai rakyat paling bawah tanpa terkecuali.

Sampai saat ini tujuan untuk memajukan kesejahteraan umum, belum dapat dicapai oleh negara Indonesia. Jika dipandang secara materi, Indonesia mempunyai kekayaan alam yang melimpah yang dapat dimanfaatkan untuk mensejahterakan seluruh warga negara Indonesia dari yang tinggal di Sabang sampai Merauke.

Faktanyam Indonesia belum mampu menyejahterakan secara umum. Salah satu faktor penghambatnya adalah Indonesia belum mampu mengelola apa yang dimiliki oleh Indonesia itu sendiri. Bisa dilihat sumber daya emas yang ada di pulau Papua, dikuasai oleh negara lain dan Indonesia hanya menjadapat sisanya saja. Contoh lain, untuk bahan yang digunakan untuk menghasilkan sumber energi listrik, di Indonesia masih menggunakan batu bara. Padahal batu bara merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Batu bara jika dipakai terus-menerus dalam jumlah yang banyak, tidak menutup kemungkinan batu bara akan habis dengan cepat. Guna mengantisipasi hal tersebut, perlu adanya pengganti sumber energi yang bisa menghasilkan listrik. Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai daerah perairan luas yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik. Kendalanya dalam memanfaatkan itu semua Indonesia belum mampu sendiri, membutihkan bantuan dari negara lain dan itu tidak murah. Biaya yang diperlukan sangat mahal.

Jika Indonesia sudah mampu menciptakan kesejahteraan secara menyeluruh, tujuan-tujuan negara yang lain akan dengan mudah dapat tercapai. Keamanan dalam negeri mudah dikendalikan karena tindakan-tindakan kriminal tidak ada lagi, seperti di negara-negara yang sudah maju. Dengan terciptanya kesejahteraan kondisi ekonomi akan meningkat. Hal itu akan membawa dampak positif dalam pembangunan negara dan komponen-komponen yang lainnya.

3. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa
Tujuan negara yang tercantum dalam UUD 1945 salah satunya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan cerdas Indonesia tidak akan mudah dibohongi oleh negara lain, sehingga Indonesia bebas dari penjajah.

Pendidikan merupakan komponen utama dalam mencapai tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan akan membawa dengan sendiri seuatu negara. Jika suatu negara mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi bisa dipastikan negara tersebut maju dan begitu pula sebalinya.

Bagaimana tingkat pendidikan di Indonesia saat ini? Tingkat pendidikan di Indonesia saat ini masih sangat memperihatinkan. Dibanding dengan negara-negara tetangga di Asia, Indonesia masih tertinggal dengan mereka. Dahulu warga negara asing banyak yang datang ke Indonesia untuk belajar. Keadaan terbalik sekarang. Indonesia yang belajar ke negara-negara maju.

Tingkat pendidikan yang rendah di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor penghambat rendahnya akan tingkat pendidikan. Biaya yang mahal untuk mendapatkan pendidikan, menjadikan tidak semua anak-anak bangsa Indonesia dapat mengenyam pendidikan. Kondisi ekonomi yang menghambat mereka untuk berhenti sekolah. Semakin tinggi tahap pendidikan, semakin tinggi pula biaya pendidikan yang harus dikeluarkan. Disisi lain anak-anak orang kaya tidak lagi memikirkan masalah biaya, mereka tinggal duduk manis di bangku sekolah, tidak bersungguh-sungguh dalam belajar.

4. Melaksanakan Ketertiban Dunia yang berdasarkan Kemerdekaan, Perdamaian abadi dan Keadilan Sosial.
Tujuan bangsa Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945, komponen yang paling terakhir adalah melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Tujuan ini yang merupakan dasar politik luar negeri yang bebas aktif.

Bebas, berarti tidak terkait oleh suatu ideologi atau oleh suatu politik negara asing atau oleh blok negara-negara tertentu, atau negara-negara adikuasa (super power). Aktif artinya dengan sumbangan realistis giat mengembangkan kebebasan persahabatan dan kerja sama internasional dengan menghormati keadulatan negara lain.

Dalam melakukan politik luar negeri secara bebas aktif, ikut berperan aktif secara bebas seperti bangsa-bangsa yang lain dalam menertibkan dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Indonesia mengikuti berbagai organisasi dan kegiatan-kegiatan dengan bangsa lain dalam dan berperan aktif di dalamnya. Di antaranya, bergabung dengan PBB di bidang keamanan. Indonesia ikut terlibat dalam keamanan di dunia. Melakukan perdagangan bebas di dunia, terutama dalam pemberlakukan AFTA, APEC, dan WTO. Indonesia juga melakukan kerja sama dengan negara tetangga, yaitu ASEAN untuk memelihara stablitas, kesejahtaraan, dan pembangunan.

Nah itulah penjelasan mengenai 4 tujuan negara republik indonesia, demikian artikel pendidikan negara yang dapat saya bagikan dan terima kasih.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuan Negara Republik Indonesia Dalam UUD 1945"

Post a Comment