Pengertian Teks Prosedur Kompleks, Tujuan, Struktur, dan Kaidah

Struktur dan Kaidah Teks Prosedur Kompleks,- Dalam pelajaran bahasa indonesia, pasti diajarkan berbagai pengetahuan mengenai bahasa indonesia, salah satumateri yang diajarkan khususnya jenjang SMA/SMK adalah teks prosedur komplek, pada materi tersebut kita diajarkan bagaimana membuat sebuah teks prosedur sesuai kaidah struktur dan kaidah yang berlaku. Nah sebelum melakukan hal tersebut tentunya anda harus tahu pengertian, tujuan, struktur dan kaidah kebahasan dalam teks prosedur kompleks, untuk itu silahkan bara artikel yang saya bagikan ini mengenai teks prosedur kompleks beserta cara membuatnya. Berikut ulasannya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) prosedur berarti tahap-tahap kegiatan  untuk menyelesaikan suatu aktifitas. Jadi, sebuah teks prosedur memberitahu kita bagaimana sesuatu dikerjakan melalui serangkaian langkah atau tindakan. Teks prosedur adalah jenis teks yang berisi serangkaian langkah atau tindakan secara beruntun untuk menyelesaikan sesuatu. Teks prosedur ada tiga macam, yaitu sebagai berikut.

1. Teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau teks yang menjelaskan cara menggunakan sesuatu (pedoman instruksi atau penggunaan).
Contoh: cara menggunakan handphone atau komputer.
2. Teks yang menunjukkan cara melakukan aktivitas tertentu.
Contoh: cara memasak (resep), eksperimen ilmiah, atau tahapan melakukan wawancara.
3. Teks yang berhubungan dengan tingkah laku manusia.
Contoh: cara hidup bahagia, kiat sukses, atau kiat menjadi penulis hebat.

Tujuan Teks Prosedur Kompleks

Tujuan teks prosedur adalah memberi tahu pembaca tentang cara melakukan atau membuat sesuatu. Informasi disajikan dengan urutan peristiwa yang logis. Peristiwa tersebut biasanya dibagi menjadi beberapa langkah-langkah terpisah. Pada dasarnya, teks prosedur adalah segala aktivitas yang biasa ditemui dan dilakukan dalam aktivitas keseharian. Contohnya mengikuti resep saat memasak, saat mengoperasikan alat elektronik dengan mengikuti buku petunjuknya, atau saat melakukan wawancara harus mengikuti langkah-langkahnya secara  berurutan sehingga dapat berhasil.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur teks prosedur terdiri dari tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
  1. Bagian tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul).
  2. Bagian material, berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, namun tidak semua teks prosedur memerlukan tahap ini.
  3. Bagian tahapan, berisi langkah-langkah untuk mencapai tujuan.

Tahukan anda mengapa teks prosedur tersebut disebut prosedur kompleks? Lihatlah keterangan yang terdapat pada setiap langkah. Keterangan itulah yang menjadikan teks prosedur tersebut kompleks. Keterangan seperti itu diperlukan agar tindakan yang dilakukan pada setiap langkah dapat dipahami dengan mudah.

Menginterpretasi Makna Teks Prosedur Kompleks

Tahukah anda peranan teks prosedur dalam kehidupan sehari-hari? Seperti yang pernah disampaikan dalam materi sebelumnya, pada dasarnya teks prosedur berisi aktivitas yang biasa kita temui dan kita lakukan dalam keseharian kita. Secara tidak langsung teks prosedur menuntun kita dalam melakukan atau menyelesaikan suatu hal yang dilakukan melalui beberapa langkah, walaupun terkadang kita tidak menyadarinya. Dapatkah anda menyebutkan beberapa contoh teks prosedur?

Pengertian interpretasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap suatu tafsiran. Dari pengertian tersebut, menginterpretasi makna teks berarti memberikan kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap suatu teks. Menginterpretasi makna sebuah teks bertujuan untuk memahami makna di balik penyusunan teks tersebut dalam hal ini teks prosedur. Misalnya teks prosedur penelitian, teks ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan seseorang dalam melakukan suatu penelitian.

Membuat Teks Prosedur

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun sebuah teks prosedur adalah sebagai berikut.
  1. Gunakan kata-kata dan kalimat yang sesuai dengan prosedur yang akan dibuat.
  2. Pastikan instruksi-instruksi atau langkah-langkah yang anda berikan cukup jelas untuk dimengerti orang lain.
  3. Sesuaikan bahasa yang anda gunakan dengan calon pembaca teks anda.
  4. Urutan instruksi harus sistematis.

Adapun langkah-langkah penulisan teks prosedur kompleks adalah sebagai berikut.
1. Menentukan tema umum karangan.
Contohnya:
  • Cara hidup sehat murah meriah.
  • Prosedur pengurusan SIM.
  • Prosedur pendaftaran sekolah.

2. Mengumpulkan sumber informasi, baik itu dari surat kabar, majalah, maupun internet. Kita juga dapat melakukan wawancara kepada pakar atau orang yang memahami tema yang akan kita tulis.
3. Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi sebuah teks prosedur dengan bersumber pada bahan-bahan yang telah dikumpulkan.
4. Mengurutkan topik ke dalam langkah-langkah yang saling berkaitan.
5. Mengembangkan topik menjadi sebuah prosedur yang benar dan jelas.

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian, struktur, dan kaidah dalam pembuatan teks prosedur kompleks, beserta makna dan cara membuatnya, Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Teks Prosedur Kompleks, Tujuan, Struktur, dan Kaidah "

Post a Comment