Kerja Bersama Membangun Teks Cerita Fiksi Dalam Novel

Kerja bersama membangun teks cerita fiksi dalam novel,- Dalam materi pelajaran bahasa indonesia khususnya pada kurikulum 2013, pasti diajarkan berbagai materi yang sebelumnya belum ada. Salah satunya adalah kerja bersama membangun teks cerita fiksi dalam novel, pada materi ini kita akan diajarkan mengenai bagaimana dan cara membuat teks cerita fiksi dalam novel, mulai dari cara mengevaluasi struktur teks, menginterpretasi fungsi sosial, hingga memproduksi teks cerita fiksi. Nah untuk memulai penjelasan mengenai membangun cerita fiksi salam novel bisa kita mulai dari:


1. Mengevaluasi Struktur Teks Cerita Fiksi dalam Novel
Mengevaluasi adalah mencari kekurangan tentang struktur yang membangun tersebut. Mengevaluasi dapat dilakukan dengan cara mengevaluasi struktur teksnya dan penggunaan kaidah kebahasaan yang ada pada teks cerita fiksi dalam novel tersebut. Berikut merupakan langkah-langkah dalam mengevaluasi teks cerita fiksi dalam novel.
  • Membaca teks cerita fiksi tersebut dengan seksama.
  • Mencari kesalahan dalam penggunaan kaidah kebahasaan teks cerita fiksi dalam novel.
  • Membenarkan kesalahan dalam penggunaan kaidah kebahasaan teks cerita fiksi dalam novel.
  • Membenarkan kesalahan yang ditemukan pada teks cerita fiksi tersebut.

2. Menginterpretasi Fungsi Sosial Teks Cerita Fiksi dalam Novel
Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang banyak memberikan penjelasan secara jelas tentang nilai fungsi sosial. Nilai itu mengungkapkan perbuatan apa yang dipuji dan dicela, pandangan hidup mana yang dianut dan dijauhi, serta hal apa saja yang dijunjung tinggi. Kata "sosial" berarti hal-hal yang berkenaan  dengan masyarakat/kepentingan umum. Nilai sosial merupakan hikmah yang dapat diambil dari perilaku sosial dan tata cara hidup sosial. Perilaku sosial berupa sikap seseorang terhadap peristiwa yang terjadi di sekitarnya yang ada hubungannya dengan orang lain, cara berpikir, dan hubungan sosial masyarakat antarindividu. Nilai sosial yang ada dalam karya sastra dapat dilihat dari cerminan kehidupan masyarakat yang diinterpretasikan.  Nilai pendidikan sosial akan menjadikan manusia sadar akan pentingnya kehidupan berkelompk dalam ikatan kekeluargaan antara suatu individu dengan individu lainnya.


Nilai sosial mengacu pada hubungan individu dengan  individu yang lain dalam sebuah masyarakat. Bagaimana seseorang harus bersikap, bagaimana cara mereka menyelesaikan masalah, dan bagaimana cara mereka menghadapi situasi tertentu juga termasuk dalam nilai sosial. Dalam masyarakat Indonesia yang sangat beraneka ragam coraknya, pengendalian diri adalah suatu yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan masyarakat.

3. Memproduksi Teks Cerita Fiksi dalam Novel secara Bersama
Dalam membuat teks cerita fiksi dalam novel, Anda dapat mengambil dari berbagai sinopsis novel remaja yang terkenal, seperti Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Ayah kenapa Akau Berbeda, dan lain sebagainya. Teks yang akan anda susun harus menggunakan kalimat yang terdiri dari struktur teks cerita fiksi dalam novel. Supaya anda lebih mudah dalam menyusun teks genre makro dengan kata-kata anda sendiri, coba perhatikan langkah-langkah dalam menyusun teks genre makro dengan kata-kata anda sendiri sebagai berikut.
  • Langkah pertama, menentukan sebuah novel yang anda sukai baik novel remaja maupun novel lainnya.
  • Membuat kerangka teks cerita fiksi dalam novel yang terdiri atas struktur teksnya.
  • Membangun ide pokok atau gagasan yang kamu ingin tulis di dalam struktur teks cerita fiksi dalam novel tersebut.
  • Menghubungkan antara ide pokok pada setiap paragraf dengan menggunakan kata-kata sambung.
  • Memperhatikan dalam menggunakan unsur kebahasaan dalam teks cerita fiksi dalam novel, seperti ejaan, pilihan kata, dan kalimat. Tidak lupa unsur yang membangun  baik unsur intrinsik maupun ekstrinsik.
  • Setelah teks cerita fiksi dalam novel selesai dibuat dan disusun berdasarkan struktur teksnya, membaca sekali lagi hasil pembuatan teks cerita fiksi dalam novel tersebut.

Begitulah penjelasan mengenai kerja bersama membangun teks cerita fiksi dalam novel, demikian artikel yang dapat saya bagikan dan terima kasih.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kerja Bersama Membangun Teks Cerita Fiksi Dalam Novel"

Post a Comment