Pengertian Musik, Bunyi, Tempo, Timbre dan Harmoni

Pengertian musik kreasi,- Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi tentang musik juga bermacam-macam antara lain:
  • Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar.
  • Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik.

Ada banyak definisi tentang musik, bisa dikatakan setiap orang mempunyai definisi yang berbeda-beda mengenai musik. Jika kita berbicara soal musik, tentu tidak asing lagi bagi kita mendengar kata bunyi, tempo, timbre dan harmonisasi.

a. Bunyi
Bunyi merupakan sebuah gelombang yang dapat dirasakan oleh indra pendengar. Bunyi uga bisa dikatakan sebagai unsur dasar dalam kita membuat karya musik, dalam bunyi kita menemukan nada (tinggi rendahnya bunyi), melodi (rangkaian nada-nada). Meski dalam musik juga membutuhkan sunyi/tidak berbunyi. Di dalam not balok ada tanda diam yang berarti tidak berbunyi dalam waktu tertentu. Karena pada dasarnya ada bunyi karena ada sunyi.

b. Tempo
Tempo dapat diartikan ketukan konstan yang mengikat bunyi menjadi satu kesatuan detak. Tempo itu seperti mesin waktu yang berjalan tidak mengenal toleransi, dalam bermain musik kita jangan sampai mendahului atau lebih lambat dari tempo, karena lepas dari tempo adalah sebuah kesalahan. Terutama saat kita recording, tempo harus akurat mengikutidetak bunyi metronome. Namun ada beberapa musik yang tidak membutuhkan tempo, seperti dalam musik tradisi karawitan ada yang namanya tempat macapat, kombangan dalang, sulukan.

c. Timbre
Timbre adalah warna bunyi. Timbre sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara menggetarkan/membunyikannya. Misalnya pada alat musik piano jika dibunyikan pada nada C akan terasa berbeda bunyinya pada nada. C yang dihasilkan dari suara biola, walaupun frekuensinya sama. Seperti saat kita mendengar orang bernyanyi, kita bisa membedakan antara suara laki-laki dan suara perempuan.

d. Harmoni
Harmoni bisa diartikan selaras atau serasi, di dalam musik sering kali kita menemui dua nada yang berbeda dibunyikan secara bersamaan, walaupun kedua nada itu berbeda tapi terasa serasi dan enak di dengar, jika ada minimal tiga nada yang berbeda dibunyikan secara bersamaan itu disebut aktor.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Musik, Bunyi, Tempo, Timbre dan Harmoni"

Post a Comment