Hubungan Hak Asasi Manusia (HAM) Dengan Pancasila

Hubungan HAM dengan pancasila,- Dari kelima sila yang diamanatkan dalam Pancasila dapat diuraikan hubungan antara HAM dengan Pancasila yaitu sebagai berikut.

a. Sila Pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa)
Sila tersebut mengamanatkan bahwa setiap warga negara bebas untuk memeluk agama dan kepercayaan masing-masing. Hal ini selaras dengan Deklarasi Universal tentang HAM di mana terdapat perlindungan HAM dari adanya diskriminasi, atas dasar jenis kelamin, warna kulit, agama, bahasa politik atau pandangan lain, asal-usul kebangsaan, rasial, kekayaan, dan kelebihan ataupun statusnya.

b. Sila Kedua (Kemanusiaan yang adil dan beradab)
Sila tersebut mengamanatkan adanya persamaan derajat, persamaan hak dan persamaan kewajiban antara sesama manusia sebagaimana tercantum dalam deklarasi HAM PBB yang melarang adanya diskriminasi.

c. Sila Ketiga (Persatuan Indonesia)
Sila ini mengamanatkan adanya unsur pemersatu di antara warga negara dengan semangat rela berkorban dan menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan, hal ini sesuai dengan prinsip HAM di mana hendaknya sesama manusia bergaul satu sama lainnya dalam semangat persaudaraan.

d. Sila Keempat (Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan)
Inti dari sila ini adalah musyawarah dan mufakat dalam setiap penyelesaian masalah dan pengambilan keputusan sehingga setiap orang tidak dibenarkan untuk mengambil tindakan sendiri, atas inisiatif sendiri yang dapat mengganggu kebebasan orang lain. Hal tersebut sesuai dengan deklarasi HAM.

e. Sila Kelima (Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia)
Asas keadilan dalam HAM tercermin dalam sila ini. di mana keadilan disini ditujukan bagi kepentingan umum tidak ada perbedaan atau diskriminasi antarindividu.

Itulah sedikit penjelasan mengenai hubungan HAM dengan Pancasila, Demikian artikel yang dapat freedomsiana bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hubungan Hak Asasi Manusia (HAM) Dengan Pancasila"

Post a Comment