Hikmah Pernikahan (Menikah) Dalam Agama Islam

Allah Swt. telah menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan, ada lelaki dan ada perempuan. Salah satu ciri makhluk hidup adalah berkembang biak yang bertujuan sebagai generasi atau melanjutkan keturunan. Allah Swt., manusia diberikan karunia berupa pernikahan untuk memasuki jenjang hidup baru yang bertujuan melanjutkan dan melestarikan generasinya.


Untuk merealisasikan terjadinya  kesatuan dari dua sifat tersebut menjadi sebuah hubungan yang benar-benar manusiawi, maka islam telah datang dengan membawa ajaran pernikahan yang sesuai dengan syariat-Nya. Dengan adanya pernikahan akan lahir keturunan secara terhormat. Adapun hikmah melakukan pernikahan dalam agama islam, sebagai berikut.

1. Menikah Akan Meninggikan Harkat dan Martabat Manusia
Kehidupan manusia yang secara bebas mengumbar nafsu biologisnya tanpa melalui bingkai halal sebuah pernikahan, maka martabat dan harga diri mereka sama liarnya dengan nafsu yang tidak bisa mereka jinakkan. Menikah menjadi harkat dan martabat menusia-manusia yang menjalaninya menjadi lebih mulia dan terhormat. Manusia secara jelas akan berbeda dengan binatang apabila ia mampu menjaga hawa nafsunya melalui pernikahan.

Baca: Pengertian nikah beserta hukm, rukun dan syaratnya

2. Menikah Memuliakan Kaum Wanita
Banyak wanita yang pada akhirnya terjerumus pada kehidupan hitam hanya karena diawali oleh kegagalan menikah dengan orang-orang yang menyakiti kehidupan mereka. Menikah dapat memuliakan kaum wanita. Mereka akan ditempatkan sebagai ratu dan permaisuri dalam keluarganya.

3. Menikah adalah Cara untuk Melanjutkan Keturunan
Salah satu tujuan menikah adalah meneruskan keturunan. Pasangan yang saleh diharapkan mempu melanjutkan keturunan yang saleh pula. Dari anak-anak yang saleh ini akan tercipta sebuah keluarga saleh, selanjutnya menjadi awal bagi terbentuknya kelompok-kelompok masyarakat yang saleh sebagai cikal bakal kebangkitan islam di masa mendatang.

4. Wujud Kecintaan Allah Swt. pada Makhluk-Nya untuk dapat Menyalurkan Kebutuhan Biologis secara Terhormat dan Baik
Iniah bukti kecintaan Allah Swt. terhadap makhluk-Nya. Dia memberikan cara kepada makhluknya untuk dapat memenuhi kebutuhan manusiawi seorang makhluk. Di dalam wujud kecintaan itu, dilimpahkan banyak keberkahan dan kebahagiaan hidup yang dirasakan melalui adanya tali pernikahan. Allah Swt. menjadikan makhluk-Nya berpasang-pasangan dan ditumbuhkan padanya satu sama lain rasa cinta dan kasih sayang.

Itulah 4 menfaat atau himkah melakukan pernikahan menurut agama islam, demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hikmah Pernikahan (Menikah) Dalam Agama Islam"

Post a Comment