10 Peraturan Penting Dalam Permainan Sepak Bola

Peraturan dalam permainan sepak bola,- Pada materi pelajaran olahraga atau pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjaskes), pasti pernah  diajarkan mengenai materi olahraga sepak bola. Mulai dari materi pendidikan SD hingga ke jenjang SMA/SMK pasti pernah diajari mengenai teknik permainan sepak bola. Hal tersebut juga tidak lepas dari permainan sepakbola yang mungkin bisa dikatakan olahraga paling populer. Untuk itu pasti pernah diajarkan mengenai apa saja peraturan dalam permainan sepak bola, untuk lebih lengkpnya mengenai peraturan dalam sepak bola bisa dilihat dibawah ini.

1. Ukuran lapangan
Secara umum lapangan yang digunakan dalam permainan sepak bola harus memiliki diameter 90-120 dan berat antara 410-90 meter.

2. Bola
Dalam aturan sepak bola menyatakan bahwa untuk ukuran bola harus memiliki diameter 68-70 cm dan berat antara 410-450 gram.

3. Jumlah pemain
Jumlah pemain yang berhak berada di lapangan maksimal hanya 11 orang dan 3 pemain pemgganti, serta hanya 5 atau 7 atau 9 pemain yang berhak berada di bangku cadangan.

4. Perlengkapan Pemain
Pada dasarnya aturan sepak bola mengatakan bahwa seorang pemain harus memakai baju atau seragam (jersey), sepatu, bantalan tulang kering, celana pendek dan kaus kaki. serta kedua tim harus memiliki perlengkapan (misal seragam) yang berbeda sehingga kedua tim dapat dibedakan saat di lapangan.

5. Offside
Secara garis besar Offside terjadi ketika seorang pemain yang menerima umpan berada di belakang pemain terakhir lawan tepat saat umpan dilepaskan oleh rekannya tepat ke pemain atau tidak ke arah pemain tersebut dan pemain tersebut mengejar bola hasil umpan dari rekannya tersebut.

6. Pelanggaran
Dalam peraturan sepak bola, pelangaran dapat terjadi ketika seorang pemain mencoba untuk mendapatkan bola dari lawannya dengan menendang, menekling, mendorong lawannya, baik itu karena kesengajaan maupun tidak di sengaja. Pelanggaran pun banyak tingkatannya, Jika seorang pemain melakukan pelanggaran yang sedang atau tidak terlalu keras maka pemain tersebut bisa mendapatkan peringatana dari wasit atau mendapatkan kartu kuning. Namun jika pelanggaran tersebut sifatnya membahayakan pemain lawann maka pemain tersebut bisa mendapatkan kartu merah dan di usir dari lapangan.

7. Tendangan bebas
Tendangan bebas di permainan sepak bola akan di dapatkan jika pemain di langgar oleh pemain lawan baik itu di pertahanan sendiri atau di pertahanan musuh. Ketika sebuah tendangan bebas dilakukan pemain dari tim lawan harus minimal 9,15 meter dari posisi di mana tendangan bebas akan terjadi. Begitu juga, pemain yang menendang bola tidak boleh menyentuh bola hasil tendangannya sebelum bola tersebut menyentuh rekannya atau pemain lawan terlebih dahulu.

8. Tendangan penalti.
Penalti dapat diberikan oleh wasit ketika pemain lawan melakukan pelanggaran atau menyentuh tangan (handball) di dalam korak 11 meter (atau biasa disebut kotak pinalti). Namun tidak semua kesalahan didalam kotak pinalti di hukum dengan tendangan penalti. Sebagai contohnya, jika salah satu pemain dari tim yang menerima serangan memberikan operan bola langsung kepada penjaga gawang dengan menggunakan kaki dan penjaga gawang tersebut menangkap bola langsung dengan tangan di dalam kota penalti, maka wasit akan memberikan tendangan bebas tidak langsung tepat di tempat kesalahan tersebut, dan pemain lawan bisa membuat pagar betis untuk tendangan ini. Selain itu, sebelum penendang penalti melepaskan tendangan, pemain lainnya dilarang memasuki kotak pinalti terlebih dahulu.

9. Lemparan ke Dalam (Throw in)
Dalam permainan sepakbola metode lemparan ke dalam harus di ikuti beberapa aturan yang ketat, jika tidak wasit akan memberikan kesempatan lemparan ke dalam untuk tim lawan. Pemain yang mengambil lemparan bola ke dalam harus tetap berdiri di luar garis dengan telapak kakai tetap menjejak di tanah, dan lemparan harus dilakukan dengan kedua tangan serta harus diatas kepala.

10. Goal kick
Goal kick merupakan salah satu peraturan sepak bola yang lebih kita kenal dengan tendangan gawang, atau bisa juga dikatakan sebagai tendangan dari lawan tidak tepat di gawang (bisa disisi kiri/kanan atau atas gawang). Tendangan gawang harus dilakukan sesuai dengan aturan yang ada, yaitu tendangan harus cukup kuat untuk melewati area pinalti. Jadi, setiap pemain yang mengambil tendangan gawang (umumnya penjaga gawang), harus menendangn bola kepada rekannya yang berada di luar dari kotak pinalti.

Itulah penjelasan mengenai beberapa peraturan dalam permainan sepak bola, demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Peraturan Penting Dalam Permainan Sepak Bola"

Post a Comment