Membandingkan, Menganalisi Teks Cerita Fiksi Dalam Novel

Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang tertulis dan naratif yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Penulis novel disebut novelis. Novel juga merupakan bentuk karya sastra yang paling populer di dunia, dikarenakan bentuk sastranya yang paling banyak beredar lantaran daya komunikasinya yang luas pada masyarakat. Novel terdiri dari berbagai struktur mulai dari bstrak, orientasi (Orientation), komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda/amanat.

# Membandingkan Teks Cerita Fiksi dalam Novel

Membandingkan teks cerita fiksi dalam novel dapat dilakukan dengan cara mencari persamaan dan perbedaan, struktur teks yang digunakan, penggunaan bahasanya, dan unsur karya sastra yang membangun teks tersebut. Berikut merupakan langkah-langkah dalam membandingkan teks cerita fiksi.
a. Mencari dua teks cerita fiksi.
b. Membaca teks cerita fiksi tersebut dengan seksama.
c. Mencatatkan hal-hal penting dalam teks ceita fiksi baik dari unsur intrinsik maupun ekstrinsik.

# Menganalisis Teks cerita Fiksi dalam Novel

Sastra merupakan wujud gagasan seorang melalui pandangan terhadap lingkungan sosial yang berada di sekelilingnya dengan menggunakan bahasa yang indah. Sastra hadir sebagai hasil permenungan pengarang terhadap fenomena yang ada. Sastra sebagai karya fiksi yang memiliki pemahaman yang lebih mendalam bukan hanya sekedar cerita khayal atau angan dari pengarang saja, melainkan wujud kreatifitas pengarang dalam menggali dan mengolah gagasan yang ada dalam pikirannya. Berikut merupakan unsur-unsur yang membangun teks cerita diksi dalam novel.
a. Unsur Intrinsik
Unsur intrinsik adalah unsur-unsur pembangun karya sastra yang dapat ditemukan di dalam teks karya sastra itu sendiri. Berikut unsur-unsur intrinsik dalam karya sastra.
  1. Tema.
  2. Tokoh/penokohan.
  3. Latar/setting.
  4. Alur/plot.
  5. Sudut pandang.
  6. Gaya bahasa.
  7. Pesan/amanat.

b. Unsur ekstrinsik pada teks prosa fiksi dalam novel
Unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra itu, tetapi secara tidak langsung mempengaruhi karya sastra tersebut. Antara lain; pengarang, penerbit, pendidikan pengarang , latar belakang pengarang, (sosial, agama, dan budaya), serta lain-lain  yang dapat mempengaruhi pengarang dalam karya yang ditulisnya.

Demikian sedikit informasi mengenai membandingkan dan menganalisa teks cerita fiksi dalam novel, sekian dan semoga bermanfaat,

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membandingkan, Menganalisi Teks Cerita Fiksi Dalam Novel"

Post a Comment