Hikmah Melakukan Tata Cara Pengurusan Jenazah

Hikmah melakukan tata cara penyelenggaraan jenazah,- Pengurusan jenazah dalam agama islam tentunya mengandung beberapa hikmah yang harus dipahami oleh setiap muslim. Beberapa hikmah pengurusan jenazah sebagai berikut.

a. Mendapatkan pahala yang besar.
Mengurus jenazah orang yang meninggal telah disyariatkan dalam hukum islam sehingga jika kita melakukannya akan mendapatkan ganjaran pahalaa yang besar dari Allah swt.

b. Menjaga kehormatan umat islam.
Seorang muslim yang telah meninggal dunia pun, wajib dijaga kehormatanya. Hal ini ditunjukan dengan adanya ketentuan bahwa yang berhak untuk memandikan jenazah itu adalah anggota keluarga, muhrim atau yang berjenis kelamin sama dengan jenazah. Sebagai bukti bahwa manusia adalah makhluk paling mulia shingga apabila salah seorang manusia meninggal dihormati dan diurus dengan sebaik-baiknya menurut aturan Allah Swt. dan Rosul-Nya.

c. Menjaga aib jenazah.
Ketentuan memandikan oleh kerabat atau sesama jenis kelamin adalah untuk menjaga aib jenazah itu sendiri karena hanya kaum kerabatlah yang dapat dipercaya untuk menjaga nama baik dari si jenazah.

d. Senantiasa mengingat kematian.
Umat manusia pasti akan menemui kematian. Dengan pengurusan jenazah ini umat islam dapat merefleksikannya untuk mengingat kematian dan memperbanyak perbuatan baik.

e. Meningkatkan kepedulian sosial kepada sesama muslim.
Umat islam adalah satu, maka apabila sesama umat islam mengalami musibah hendaknya turut bersimpati. Pengurusan jenazah dapat meningkatkan kepekaan sosial dan kepedulian kita kepada sesama umat islam, dengan penyelenggaraan janazah membantu meringankan beban keluarga jenazah dan sebagai ungkapan belasungkawa atas musibah yang dideritanya.

f. Mengingatkan manusia bahwa manusia diciptakan dari tanah.
Manusia dilarang sombong dan merasa dirinya hebar dan kuat karena pada akhirnya manusia akan dikembalikan ke asalnya yaitu tanah.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hikmah Melakukan Tata Cara Pengurusan Jenazah"

Post a Comment