12 Tanda Akan Datangnya Hari Akhir Menurut Agama Islam

Tanda-tanda akan datangnya hari akhir,- Hari akhir atau sring disebut sebagai hari kiamat adalah hari dimana alam semesta ini dilebur dalam sebuah proses yang sepenuhnya menjadi rahasia Allah Swt. Hanya Allah Swt. yang tahu kapan dan proses itu berlangsung. Kita hanya diberi pengetahuan yang sangat sedikit tentang hari itu. Hal yang terpenting dari iman kepada hari akhir adalah kesadaran bahwa segala yang kita lakukan harus kita pertanggungjawabkan secara sendiri-sendiri dan secara pribadi di hadapan Allah Swt. Mengimani hari akhir adalah mengimani hari pertanggungjawaban itu. Mengimani hari akhir adalah mengimani kehidupan setelah kematian, yakni kehidupan abadi yang merupakan kelanjutan dari perjalanan kita di muka bumi.
Inilah yang disebut dengan alam akhirat, dimana manusia ditempatkan secara terpisah berdasarkan tingkat kebajikan amal ibadahnya selama di bumi. Mereka amal kebajikannya menonjol akan mendapat tempat yang sangat membahagiakan, tempat dimana rasa takut dan khawatir tidak ada, tempat dimana segala kenikmatan tersedia. Itulah yang disebut surga. Adapun bagi mereka yang amal buruknya lebih menonjol, maka mereka harus dihukum terlebih dahulu dengan tingkat hukuman yang sepadan dengan tingkat keburukan yang dilakukannya selama hidup di muka bumi. Tempat hukuman itu sering disebut sebagai neraka. Bila hukumannya berakhir, ia akan diangkat untuk kemudian ditempatkan di surga. Sebelaum  Adapun sebelum terjadinya hari akhir Allah Swt. sudah memberitahukan tanda-tanda akan datangnya hari akhir, berikut tanda-tandanya.
  1. Manusia sudah tidak mempunyai rasa malu dan sungkan untuk melakukan perbuatan zina dan mabuk. Perbuatan mencuri, merampok, menjarah, dan perbuatan munkar lainnya dilakukan oleh sebagian besar orang.
  2. Manusia melupakan Allah Swt. karena sibuk dengan urusan dunia. Dengan kesibukannya tersebut, manusia tidak lagi mempunyai waktu untuk beribadah. Oleh karena itu, nama Allah Swt. sudah tidak terdengar lagi. Masjid dan mushala kosong bahkan ditutup. Di rumah-rumah penduduk tidak ada lagi suara orang mengaji.
  3. Manusia telah kehilangan akan sehatnya dalam menghadapi segala permasalahan sehingga dengan perkara kecil saja saling membunuh antara satu dan lainnya. Pembunuhan dilakukan oleh siapa saja, tidak peduli antartetangga, antarkawan, antarsaudara, bahkan antar anak dan orang tua.
  4. Manusia saling memfitnah. Oleh karena itu, tidak ada lagi suasana rukun, damai dan tentram. Masyarakat dihinggapi perasaan curiga, cemas, dan bermusuhan. Maka, akibat yang terjadi adalah kerusakan sistem kemasyarakatan.
  5. Terjadi penyimpangan peredaran tata surya dan kecepatan rotasi dan revolusinya. Matahari tidak terbit lagi dari timur tetapi dari barat. Di samping itu, waktu juga berjalan dengan sangat cepat. Siang dan malam berganti dengan cepat sehingga seminggu akan seperti satu hari.
  6. Umat islam dan yahudi melakukan perang yang sangat dahsyat. Orang yahudi bekerja sama dengan sekutunya memerangi umat islam. Umat islam kemudian membalas dengan sengit.
  7. Munculnya binatang ajaib yang dapat berbicara dengan manusia.
  8. Munculnya dajjal atau pembohong besar dan berkeliaran mencari teman.
  9. Datangnya bangsa Yakjuj Makjuj yang merusak etika manusia.
  10. Lenyapnya Alquran dari hati manusia.
  11. Nabi Isa a. s. turun ke dunia dan membenarkan ajaran Nabi Muhammad saw.
  12. Rusaknya Ka'bah dengan sendirinya.

Itulah 12 tanda-tanda akan datangnya hari akhir yang wajib kita ketahui, sekian informasi yang dapat saya bagikan dan terima kasih.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "12 Tanda Akan Datangnya Hari Akhir Menurut Agama Islam"

  1. Sangat bermanfaat sekali, apa lagi kalau ditambah referensi hadits sahih yang jelas.
    tanda Nomor 1 yang paling banyak sekarang ini, yang baik malah dibilang sok suci bahkan ada ngatain "Ngak usah munafik, Zina itu kan enak" semoga kita bukan termasuk orang yang demikian

    ReplyDelete