Pengertian Kiamat SUGRA dan Kiamat KUBRA Lengkap

Pengertain Kiamat Sugra dan Kiamat Kubro beserta Contohnya,- Pada materi Agama yang di ajarkan pada pendidikan tingkat SD hingga SMA/SMK untuk agama islam tentunya pernah diajarkan mengenai materi pelajaran hari akhir atau hari kiamat, pada materi hari akhir (kiamat) ini memang harus diajarkan sejak dini agar orang muslim bisa menyakini adanya hari akhir, Secara garis besar pada materi agama islam terdapat dua macam hari kiamat yaitu yang pertama kiamat sugra (kiamat kecil) dan yang kedua kiamat kubra (Kiamat besar). sebagai umat muslim tentunya kita harus menyakini dengan adanya hari akhir yang dimana kita tidak akan tahu kapan datangnya, oleh karena itu sebagai informasi mengenai hari kiamat sugra dan kubro bisa dilihat dibawah ini untuk lebih lengkapnya.

# Kiamat Sugra (Kiamat Kecil)

Kiamat Sugra diambil dari kata Sughra yang berarti kecil, Kiamat sugra adalah Sebuah peristiwa berakhirnya sebagian kehidupan mahluk hidup yang ada didunia ini baik secara individu atau secara berkelompok. semua yang ada didunia ini pastinya akan mengalami apa yang namanya kematian baik itu tumbuhan, manusia, hewan, dan mahluk hidup lainnya karena tidak ada makhluk yang abadi. semuanya akan musnah dan binasa. Peristiwa kematian atau kehancuran makhluk hidup itulah yang dinamakan sebagai kiamat sugra. Jadi intinya kiamat sugra adalah kiamat kecil bagi makhluk yang mati.

Contoh kiamat sugra sebagai berikut:
  • Kematian seseorang.
  • gempa bumi.
  • bencana alam.

Semua yang berhubungan dengan kiamat sugra sudah dijelaskan dalam dalil al-gur'an surah Ali 'Imran ayat 185 berikut:
Ayat tentang kiamat Sugra
Artinya: "Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan didunia hanyalah kesenangan yang memperdaya. (Q.S. Ali 'Imran, 3: 185).

# KiamatKubra (Kiamat besar)

Kiamat kubro diambil dari kata Kubra yang berarti besar. Kiamat kubra adalah Sebuah peristiwa berakhirnya seluruh kehidupan makhluk yang ada didunia ini secara serempak. Siapa pun tidak dapat memprediksi dan mengetahui terjadinya hari kiamat kubra ini meskipun menggunakan teknologi secanggih apapun. Para rosul dan malaikat pun tidak ada yang diberi tahu secara pasti tibanya hari kiamat, apalagi manusia bisa. Kiamat ini merupakan rahasia Allah Swt, namun kita masih diberi tanda-tanda akan datangnya hari akhir oleh Allah Swt. lewat kitab suci Al-qur'an.

Proses kejadian hari kiamat sudah dijelaskan oleh Allah Swt. dalam surah Al-Haqqah ayat 13-18 berikut:
Ayat tentang kiamat kubra
Artinya: " Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup, dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkanya keduanya sekali benturan. Maka pada hari itu terjadilah kiamat, dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi rapuh. Dan pada malaikat berada di berbagai penjuru langit. Pada hari itu delapan malaikat menjunjung 'Arsy (singgasana) Tuhanmu di atas (kepala) meraka. Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada tuhanmu), tidak ada sesuatu pun dari kamu yang bersembunyi (bagi allah). (Q.S Al-Haqqah, 69: 13-18)

Itulah pengertian mengenai kiamat sugra dan kiamat kubra beserta contoh dan ayatsuar yang bersangkutan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan terima kasih.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Kiamat SUGRA dan Kiamat KUBRA Lengkap"