Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » Materi » 30 Nama-nama Hari Akhir Beserta Arti dan Penjelasannya

30 Nama-nama Hari Akhir Beserta Arti dan Penjelasannya

3 min read

Nama-nama hari akhir Dalam Al-Qur’an,- Dalam materi pelajaran agama islam tentunya pernah di ajarkan mengenai iman kepada akhir yang meliputi dalil mengenai hari akhir, hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir, nama-nama lain dari hari akhir dan contoh kiamat yang terjadi pada hari akhir. dalam materi mengenai akhir tersebut sudah di ajarkan mulai sejak dini pada sekolah yang mengajarkan tentang agama islam, yang dimulai dari SD hingga tingkat SMA/SMK. dari semua materi mengenai hari akhir kali ini saya akan memberikan informasi mengenai nama-nama lain hari akhir (kiamat) dalam Al-qur’an.

# Nama-Nama lain hari akhir

Hari akhir memiliki nama lain yang cukup banyak. Nama-nama hari akhir yang diberikan oleh Allah Swt. menggambarkan keadaan hari kiamat hingga manusia dilahirkan, dihisab, dan mendapatkan balasan dari Allah Swt. Berikut nama-nama hari akhir.

  1. Yaumul Qiyamah yaitu hari kiamat.
  2. Yaumur Rajifah yaitu hari lindu besar.
  3. Yaumus Sa’iqah yaitu hari keguncangan.
  4. Yaumuz Zalzalah yaitu hari keguncangan atau keruntuhan.
  5. Yaumul Haqqah yaitu yaitu hari kepastian.
  6. Yaumul Qariah yaitu hari keributan.
  7. Yaumul Akhir yaitu hari akhir.
  8. Yaumut Tammah yaitu hari bencana agung.
  9. Yaumul Asir yaitu hari sulit.
  10. Yaumun la raiba fihi yaitu hari yang tidak ada lagi keraguan padanya.
  11. Yaumul ba’ast yaitu  hari kebangkitan.
  12. Yaumut Tagabun yaitu hari terbukanya segala keguncangan.
  13. Yaumun Nusyur yaitu hari kebangkitan.
  14. Yaumut Tanad yaitu hari panggilan.
  15. Yaumul Mizan yaitu hari pertimbangan.
  16. Yaumu la tajzi nafsun an nafsin syaian yaitu hari yang tidak dapat seseorang diberi ganjaran oleh yang lain sedikit pun.
  17. Yaumul Jamak yaitu hari pengumpulan.
  18. Yaumul Fashl yaitu hari pemisahan.
  19. Yaumul Waqi’ah yaitu hari kejatuhan.
  20. Yaumul Mahsyar yaitu hari berkumpul.
  21. Yaumu Din yaitu hari keputusan.
  22. Yaumut Talaq yaitu hari pertemuan.
  23. Yaumul Jaza yaitu hari pembalasan.
  24. Yaumul ‘Ard yaitu hari pertontonan.
  25. Yaumul Gasyiyah yaitu hari pembalasan.
  26. Yaumul Khulud yaitu hari yang kekal.
  27. Yaumul Barzah yaitu hari penantian.
  28. Yaumul Hisab yaitu hari perhitungan.
  29. Yaumul Waid yaitu hari ancaman.
  30. Yaumul Haq yaitu hari kebenaran.

# Hal-Hal Yang Berkaitan Dengan Hari Akhir

Hari akhir pasti terjadi. kita tidak ragu-ragu tentang hal itu. selain beriman kepada hari akhir, kita juga harus percaya pada peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir. Di antara peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan hari akhir itu adalam alam Barzah, ba’ast, yaumul ahsyar, yaumul mizan dan yaumul hisab. berikut penjelasan mengenai nama-nama hari akhir yang berkaita dengan hari akhir tersebut.
1. Yaumul Barzah
Barzah berarti batas atau penantian, sedangkan yang dimaksud dengan alam Barzah adalah batas antara alam fana atau dunia dengan alam baka atau akhirat. Alam Barzah juga disebut alam kubur. Di alam Barzah manusia sudah dapat merasakan balasan amal baik dan amal buruk yang dilakukan selama ada di dunia. Apabila melakukan kejahatan selama hidupnya, seseorang akan merasakan balasannya, yaitu siksa kubur. Sebaliknya, orang yang berbuat kebaikan di kala hidupnya akan meraskan kenikmatan di alam Barzah. Di alam Barzah manusia menunggu sampai datangnya hari kiamat yang disebut yaumul ba’ats.

Dalil mengenai yaumul Barzah dijelaskan dalam firman Allah Swt. dalam surah Al-Mu’minun ayat 100.


2. Yaumul Ba’ats
Yaumul ba’ats berarti hari kebangkitan. Maksudnya, hari bangkitnya kembali seluruh umat manusia sejak Nabi Adam a.s, hingga manusia terakhir di alam kubur. Pada hari itu manusia dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan yang beraneka ragam tergantung pada amal perbuatanya ketika hidup di dunia.

Dalil mengenai yaumul ba’ats dijelaskan dalam firman Allah Swt. dalam surah Al-Hajj ayat 7 dan surah Az-Zalzalah ayat 6.


3. Yaumul Mahsyar
Yaumul mahsyar adalah hari berkumpulnya seluruh umat manusia sejak manusia pertama yaitu Nabi Adam a.s, hingga manusia paling akhir. Setelah dibangkitkan daro alam kubur, semua manusia digiring dan dikumpulkan di padang mahsyar. Padang mahsyar merupakan tempat mahkamah pengadilan yang mahaadil. Semua manusia menanti keputsan terhadap dirinya. Pada hari itu matahari akan didekatkan sehingga panasnya akan terasa menyiksa bagi orang yang buruk amalnya. Sebaliknya, bagi orang yang amalnya baik akan merasakan naungan atau perlindungan dari panas tersebut.

Dalil mengenai yaumul mahsyar dijelakan dalam firman Allah Swt. dalam surah Al-Kahfi ayat 47.


4. Yaumul Mizan
Menurut bahasa “yaumu” berarti hari, sedangkan “mizan” berarti timbangan. Yaumu mizan adalah hari pertimbangan amal baik dan amal buruk yang dilakukan manusia selama hidup di dunia. Apabila amal kebaikannya lebih berat daripada amal buruknya, ia akan memperoleh kebahagiaan di surga. Sebaliknya, orang yang amal buruknya lebih berat daripada amal kebaikanya maka ia akan merasakan kesengsaraan di neraka.

Dalil mengenai Yaumu mizan dijelaskan dalam firman Allah Swt. dalam surah Al-Qari’ah ayat 6-9, Surah Az-Zalzalah ayat 7 dan 8, Surah Al-Anbiya ayat 47.


5. Yaumul Hisab
Menurut bahasa “hisab” berarti perhitungan. Yaumul hisab adalah hari perhitungan amal baik dan amal buruk yang dilakukan manusia selama hidup di dunia. Semua manusia diberikan balasan sesuai yang telah dilakukanya di dunia.  Tidak ada seorang pun yang akan dirugikan (dizalimi). Pada hari perhitungan amal manusia yang berkata adalah kedua tangannya dan yang menjadi saksi adalah kedua kakinya. Adapun mulut tertutup sehingga tidak dapat berboong atau memberikan jawaban yang tidak benar.

Dalil mengenai Yaumul hisab dijelaskan dalam firman Allah Swt. dalam surah Al-Mu’min ayat 17 dan surah Yasin ayat 65.

Itulah sebagian nama-nama lain dari hari akhir yang ada di al-quran beserta penjelasan dari beberapa nama, demikian artikel mengenai nama-nama hari akhir beserta pengertiannya. semoga bermanfaat.
Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

12 Replies to “30 Nama-nama Hari Akhir Beserta Arti dan Penjelasannya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *