Proses Pengambilan e-KTP di Kantor Catatan Sipil

Sejak Tahun 2012 KTP sudah tidak berlaku lagi masa aktifnya, dan Telah digantikan dengan e-KTP atau KTP Elektronik, dengan digantikanya KTP menjadi e-KTP membuat kita tidak susah-susah lagi memperpanjang KTP setelah 5 Tahun, Karena e-KTP masa berlakunya Selamanya atau Seumur Hidup. dan untuk Proses Pembuatan e-KTP sedikit Ribet Bila dibandingkan dengan KTP.

Seperti Kita diharuskan Pergi ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk membuatnya, Tidak seperti KTP yang hanya dengan menitipkan Proses pembuatan ke Ketua Rt/RW langsung jadi. untuk proses pembuatanya kita akan melalui beberapa Test, Seperti Test Mata dengan Alat Khusus, serta Menempelkan sidik jari kita di alat khusus. Namun cara lain hanpir sama dengan KTP seperti Tanda tangan dan FOTO.
Untuk pengambilan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga lumayan Ribet seperti kita harus mengantri hingga berjam-jam bila yang mengambil sangat banyak, tidak cuman itu biasanya e-KTP kita sulit ditemukan oleh petugas karena banyaknya e KTP orang lain. dan Untuk pengambilan selengkapnya bisa di baca di bawah ini.

Cara Pengambilan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

1. Sebelum pengambilan e-KTP, Tentunya kita sudah mendaftar dan mengajukan e-KTP. Jika belum silahkan Baca artikel mengenai Cara Membuat e-KTP Beserta Langkah-Langkahnya

2. Pertama, Pastikan anda Membawa Kertas yang berisikan Tanggal Pengambilan e-KTP, Kemudian Silahkan pergi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kota anda.

3. Setelah Itu silahkan Tanya kepada Petugas atau Siapa Saja, mengenai Dimana Tempat pengambilan e-KTP

4. Jika sudah Tahu, Silahkan Masuk ke Loket pengambilan e-KTP sambil memberikan kertas untuk yang digunakan untuk pengambilan e-KTP.

5. Kemudian Silahkan Tunggu hingga Nama anda di panggil, Biasanya Proses ini lumayan lama bila banyak yang mengambil e-KTP serta disini untuk mencari e-KTP anda petugas mencarinya dengan manual.

6. Jika Nama anda di Panggil, Silahkan menuju Loket dan Ambil e-KTP anda. (Pengambilan e-KTP tidak memungut biaya sepeserpun alias Gratis)

Permasalahan Pengambilan e-KTP

Karena Pencarian e-KTP dilakukan secara manual oleh petugas, Banyak terjadi permasalahan seperti tidak kunjung dipanggil untuk pengambilan e-KTP. untuk mengatasinya bisa menggunakan cara berikut ini.

Solusi: Jika Nama anda tidak kunjung di panggil, Silahkan bertanya kepada petugas, mungkin saja kertas anda untuk pengambilan e-KTP ikut terbuang atau e-KTP anda terselip atau Jatuh. untuk mengatasi permasalahan ini biasanya anda akan disuruh menulis ulang Nama anda disebuah kertas, dan petugas akan mencoba mencarinya kembali. atau Jika tidak kunjung ketemu anda biasanya akan disuruh kembali lagi besok.

Itulah Cara mengambil dan mengatasi Permasalahan pengambilan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

45 Responses to "Proses Pengambilan e-KTP di Kantor Catatan Sipil"

  1. kalau resinya hilang , bisa ambil ktp dengan membawa ktp yg lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga bisa, atau agan bisa langsung tanya ke petugasnya saja nanti biasanya akan diberi kertas. Nah pada kertas tersebut agan disuruh mengisi data diri.

      Tujuan dari kertas tersebut adalah untuk pencarian KTP atau sebagai pengganti resi yang hilang.

      Delete
  2. Gan kalau ambil e ktp nya ini tidak ssuai tanggal gmana ya? 2 ato 3 hari kmudian bsa gak ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan! Asalkan bukti atau resi pengambilan E-KTP dibawa. Tapi lebih bagus lagi kalau tepat dengan tanggal pengambilan.

      Delete
  3. Kalau surat pengambilan ktp hilang di rumah gimana ?? Harus mulai lagi dari awal atau bisa cara lain di dinas kependudukan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya resi pengambilan, kalau itu agan langsung saja ke tempat atau loket pengambilan E-KTP lalu langsung saja bilang kalau resi pengambilan E-KTP Agan hilang.

      Nah, biasanya akan disuruh menulis data diri di sebuah kertas, dan kertas tersebut sebagai pengganti resi yang hilang.

      Delete
  4. gan ane kan daftar ektp udah dari bulan 10 tahun 2016, itu ga dikasih kertas pengambilan gitu katanya jadinya sekitar 6 bulan jadi ane dikasih surat keterangan pengganti ektp dan info kapan ambil ektp katanya akan dikabarin ke ketua RT ane... nah sampe skrg ga ad kabar. jd klo ane langsung ambil kesana dengan surat tadi bisa gak ya...udah 6 bulan lebih sih

    ReplyDelete
  5. Bisa Gan! Langsung aja datang ke kantor catatan sipil (ke petugas atau loket pengambilan), lalu utarakan maksud agan disana.

    ReplyDelete
  6. Ghan apakah pengambilan ektp bisa di wakilkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan, asalkan kertas resi pengambilan dibawa.

      Delete
  7. Kak kertas resi ktp aku ilang, nah itu kan tadi yg comment di atas katanya nanti disuruh nulis data diri di kertas, nah kertas itu kan jd pengganti resi. BErarti nanti resi aku jadinya kertas biasa? Bukan kertas yg kaya resi sebelumnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul!, tapi itu juga tergantung petugasnya apakah dikasih kertas biasa atau kertas resi. Kalau saya dulu diberi kertas biasa.

      Delete
  8. Gan,kalau alamat rumah saya sdh pindah bagaimana ya? Kata petugas surat pengambilan akan dikirim ke alamat rumah yg lama. Tp disana sdh tidak ada orang. Dan saya sdh melakukan pembuatan ektp di alamat rumah yg lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sudah lama surat pengambilan E-KTP belum datang, kalau tak kunjung datang coba datang langsung ke Kantor Catatan Sipil dan utarakan maksud agan disana.

      Kalau memang akan dikirimkan surat pengambilannya dan agan sudah pindah rumah sebetulnya tidak terlalu dipermasalahkan, karena yang mengirim pastinya akan tanya pada orang disekitar rumah agan yang lama, dan mengirimkannya ke alamat rumah yang baru.

      Sebagai saran coba langsung saja ke Kantor Catatan Sipil.

      Delete
  9. Jika alamat rumah saya sdh pindah bagaimana ya? Petugas bilang surat pengambilan akan dikirim ke alamat yg lama,namun disana sdh tdk ada orang. Tolong bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ke kantor catata sipil aja, minta surat pengambilan. Kalau saya dulu setelah proses buat E-KTP langsung dikasih tuh resi surat pengambilan.

      Delete
  10. gan..apakah semua yang sudah punya resi, E-KTP nya sudah jadi tercetak di capil dan tinggal mengambil? karna sudah saya tanyakan beberapa bulan yang lalu masih belum jadi juga, saya sudah setahun lebih dan sudah 2 kali pembaruan tanggal berlaku resi. mungkin itu saja gan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada resi tersebutkan terdapat tanggal pengambilan, nah Agan ambil saja E-KTP agan pas tanggal tersebut. Biasanya sih E-KTP sudah jadi sebelum tanggal pengambillan tersebut.

      Delete
  11. Gan kalo surat keterangan e-ktp(sementara)hilang solusinya gimana..?apa saya harus buat ulang atau bisa langsung ambil atau bagaimana?tolong bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan mendapat Surat Keterangan E-KTP (Sementara) dari mana?

      Kalau dari kelurahan, tinggal datang kelurahan dan utarakan maksud agan disana mengenai E-KTP (sementara) yang hilang. Kalau dari Kantor Catatan Sipil, Langsung aja agan datang ke kantor catatan sipil, kalau bisa diloket pengambilan E-KTP. Nah disana tinggal agan utarakan maksud agan mengenai E-KTP sementar yang hilang. Pasti akan diberi solusi.

      Delete
  12. Gan,saya dan suami kan sudah punya E-ktp,niat mau pembaharuan status kawin dan saya sudah dapat surat keterangan dari kecamatan untuk cetak ulang.itu kalo msalah cetak ulang nanti e-ktp yg awalnya dikembalikan ke capil apa gak,n suami saya kan kerja diluar kota belom bisa pulang,nanti kalo diwakilkan sekalian saya yg ngambil bisa.?.syaratnya diwakilkan apa aja gan.?.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf Bu/Mbak, saya tidak bisa bantu karena belum tahu mengenai perihal tersebut. Maaf ya _/\_

      Delete
  13. Gan misalnya kita berasal darinkota A kemudian kita pindah ke kota B tetapi kita belum mencetak ektp, bisa gak gan ektp itu dicetak dikantor capil kota B?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi gini gan, proses pembuatan E-KTP membutuhkan apa yang namanya KK. Nah, pada KK tersebut pastinya terdapat alamat rumah keluarga agan. Mungkin, pembuatan E-KTP harus di kota atau alamat seperti di KK. Intinya Kota seperti di KK.

      Delete
  14. Gan, nama di ektp harus sesuai dengan yg ada di KK ya? Klo misalnya dibikin beda gtu dengan yg ada di KK bisa gk ya? Soalnya nama di KK ada huruf yg salah. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin harus gan? kan itu kartu keluarga. Atau sebagai saran agan buat KK yang baru saja terlebih dahulu (perbarui). Itu sih pemikiran saya saja, untuk lebih jelasnya tanya saja ke orang yang lebih tahu, seperti di kelurahan.

      Delete
  15. Gan mau tanya..saya ngurus e-ktp dr taun 2016 tp sampai skg blm juga jadi.. trs bln kemaren saya kekecamatan, ktp sementara sya diminta dgn melampirkan kk,petugas blg klo 1bln dari bukti terima berkas nanti ktp jdi.. tp hr ini saya kesana kok bln jadi.. apa sya harus langsung ke capil biar cepat jadi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya coba aja gan ke catatan sipil, utarakan maksud agan disana. Mungkin petugasnya akan mengerti, kan pembuatan E-KTP memang di Kantor Catatan Sipil.

      Delete
  16. Min, kalo mau ngambil e-ktp harus memakai nomor antrian atau tidak ya? soalnya setau saya yang memakai nomor antrian itu membuat kk/akte bukan ngambil ektp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin tidak gan, pengalaman saya langsung menuju loket dan menyerahkan resi pengambilan. Itu di kota saya, ntah kalau di kota lain.

      Delete
  17. Berkas Yg harus dibawa cuma resi aja gan? Atau ada yg lain?. Tks

    ReplyDelete
  18. Gan, gimana kalah hari dan tanggal resi pengambilannya jatuhnya pas hari atautanggal merah itu gmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tangal merah memang semua kantor libur, termasuk kantor catatan sipil. Coba kembali besoknya dan coba jelaskan ke petugas, pasti bisa diambil.

      Delete
  19. min saya sudah rekaman e-ktp sejak 2014 wwaktu itu rekaman di sekolah tapi tidak diberi resi atau surat pengambilan
    jadi bagaimana cara mengambilnya atau haruskah saya buat lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beh lama banget gan, mending buat baru lagi aja gan. Kalo sudah 4 tahun mungkin sudah pada lupa.

      Delete
  20. Maaf um saya punya ktp sementara (domisili) dari kecamatan,tapi ga dikasih tanggal buat ambil ektp,nah adek saya kemaren" rekam baru 3 hari jadi tapi saya yang udah 5 bulan lebih belum jadi kira" kalo mau ke Disduk ngomong ke petugasnya harus gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanya dulu ke kecamatan, mungkin dikasih solusi. Tapi jika E-KTP masih belum jadi, bisa langsung ke kantor catatan sipil.

      Untuk ngomongnya tinggal utarakan saja maksud agan bahwa sudah 5 Bulan E-KTP belum jadi dan masih menggunakan E-KTP sementara.

      Delete
  21. Halo kak! Tolong nih, kan saya udah rekam data yg di perlu untuk pembuatan ktp pertama saya.. tapi hari pengambilannya tepat pada hari raya.. Trus di suruh ambil tanggal 22 dan saya hanya bisa ambil hari ini tggl 28,apa masih bisa kak? Kena denda kah? Mohon bantuannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa gan! Ntar bicara saja pada patugasnya bahwa pada tanggal tersebut memang tidak bisa mengambil E-KTP, pasti dimaklumi. Kalau kena denda mah kagak.

      Delete
    2. Makasih banyak atas balasannya gan ^^ saya kira bakal kena denda, soalnya udah 1 minggu lebih blum di ambil wkwk

      Delete
  22. Saya mau nanya sayakan sudah punya suket mau tuker EKTP, jam 9 pagi tapi katanya nomor antrian dah habis jadi saya harus disuruh datang lagi minggu depan jam 5 subuh itu gimana gan daerah setu bekasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap daerah mungkin kebijakan pengambulan E-KTP berbeda-beda gan, kalau memang disuruh sama petugasnya untuk Ambil minggu depan, ya ikuti saja.

      Kalau disuruh untuk datang subuh mungkin biar mendapat nomor Antrian yang paling awal. Apakah agan gk tanya, bisa diambil besok atau tidak?

      Delete
  23. gan, saya kan baru aja buat E-KTP. Tapi goldar nya salah saya kan O tapi di resinya tertulis TIDAK TAHU. cara gantinya gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau masalah tersebut saya tidak bisa bantu gan, karena tidak tahu. Coba tanyakan ke orang yang lebih tahu gan seperti ketua Rt/Rw, atau orang lebih tahu lainnya.

      Delete